Rabu, 13 November 2019

4 Manfaat Menari untuk Kesehatan Mental

Kegiatan menari adalah kegiatan yang pasti pernah dilakukan oleh semua orang. Entah hanya gerakan-gerakan improvisasi yang tiba-tiba tercipta saat mendengarkan alunan musik, atau gerakan-gerakan indah yang muncul karena terbiasa berlatih.
Kegiatan menari ini ternyata tidak hanya menyenangkan, namun juga menyimpan banyak manfaat untuk tubuh kita. Apa sajakah manfaat tersebut?

  • Memperbaiki suasana hati (mood)
Menari bisa menaikkan mood karena membuat tubuh kita melepas hormon endorfin atau hormon kesenangan.
  • Melatih kemampuan problem solving dan kreativitas
Kegiatan menari tentu saja membutuhkan kreativitas. Ketika seseorang melakukan kegiatan menari yang mengandung kreativitas dan improvisasi, mereka juga akan secara tidak langsung terlatih untuk menyelesaikan permasalahan dengan daya kreativitas.
  • Melatih kemampuan multitasking
Ketika seseorang menari, dia membutuhkan konsentrasi tinggi untuk mengingat gerakan, namun juga menjiwai gerakan tersebut. Hal ini dapat membantunya untuk ber-multitasking di kehidupan sehari-hari.
  • Menjadi salah satu metode terapi
Metode yang dimaksud adalah DMT alias Dance/Movement Therapy. Terapi ini lebih memfokuskan untuk mendukung fungsi intelektual, motorik, dan emosional tubuh.

Nah, manfaat-manfaat ini bisa didapatkan dari kegiatan menari, lho! Sangat menarik, bukan? Maka dari itu, jadikan kegiatan menari sebagai sarana menyenangkan untuk menyehatkan tubuh dan pikiran, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar